Palet

Palet

Palletplastik.net – Palet | Apa itu Pallet | Fungsi dan Spesifikasi -Jenis Pallet – Palet, Apa Itu Palet/Pallet. Pallet atau yang dalam bahasa inggris disebut Pallet adalah bahan tatakan atau tempat yang sering digunakan untuk meletakkan barang-barang dengan tujuan memudahkan penyimpanan, perhitungan, transportasi atau mengangkut barang dari gudang ke distributor.

Material pembuat pallet ada bermacam-macam, ada karton, kayu, plastik, dan besi. sebuah pallet biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Pada awal sejarahnya, pallet ini dibuat dari material kayu.

Pallet didesain dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Pallet berbentuk kotak segi empat, bisa persegi atau persegi panjang. Normalnya, pallet terdiri dari 3 bagian utama, yaitu atas, kaki (stinger), dan bawah.

Berdasarkan bahan pembuatnya palet dapat dikelompokkan menjadi 4 pallet: 1. Pallet karton/kertas, 2. Pallet kayu, 3 Pallet plastik, 4. Pallet besi.

1. Pallet Kardus
Pallet yang satu ini menggunakan kardus/kertas kardus sebagai bahan pembuatnya. Jenis pallet ini sering digunakan, terutama di Eropa. Di Indonesia, penggunaan pallet jenis ini kurang begitu populer.

2. Pallet Kayu
Pallet kayu merupakan pallet yang terbuat dari kayu. Jenis pallet ini paling banyak digunakan di Indonesia, karena harga pallet kayu di Indonesia murah. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kayu yang cukup besar di dunia ini. Jadi untuk mendapatkan material mentah kayu sangatlah mudah. Pallet kayu mempunyai kelemahan mudah rusak dan mudah terkena rayap. Rayap adalah salah satu musuh besar pallet kayu.

Pallet kayu sering digunakan karena murah, fleksibel dan mudah diperbaiki. Produksi yang cepat dan kemampuan yang handal dalam menahan beban adalah dua faktor tambahan saat memilih palet kayu. Namun, rayap menjadi musuh besar pallet kayu, demikian juga dengan faktor kebersihan.

Pallet kayu umumnya pada bagian atas terbuat dari papan yang disusun melintang dan terdapat jarak diantara papan-papan tersebut. Sedangkan pallet plastik normalnya mempunyai permukaan bagian atas yang flat, tanpa ada rongga.

Pallet partikel terbuat dari partikel kayu. Jenis pallet ini mulai digunakan di Jepang dan China karena cost juga relatif murah. Kelemahan mendasar dari pallet ini adalah mudah rusak, terutama bila terkena air, dan tidak dapat diperbaiki.

3. Pallet Plastik
Pallet plastik merupakan pallet yang terbuat dari plastik. Perbedaan yang mendasar selain bahannya, bila dibandingkan dengan pallet kayu adalah pada bagian atasnya. Pallet kayu umumnya pada bagian atas terbuat dari papan yang disusun melintang dan terdapat jarak diantara papan-papan tersebut. Sedangkan pallet plastik normalnya mempunyai permukaan bagian atas yang flat, tanpa ada rongga.

Harga pallet plastik relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan plastik kayu, namun pallet jenis ini tidak mudah rusak dan boleh dikatakan anti rayap. Pallet plastik yang baik juga cenderung lebih berat bila dibandingkan dengan pallet kayu.

4. Pallet Besi
ISO sudah mematenkan beberapa ukuran yang menjadi standar internasional Pallet. Di Eropa misalnya, pallet di standarkan dalam ukuran 1200 x 1000 mm. Sedangkan untuk Asia, standar ukuran pallet adalah 1100 x 1100 mm Ukuran asia dan eropa ini menjadi ukuran yang lazim digunakan juga di Indonesia.

ISO sudah mematenkan beberapa ukuran yang menjadi standar internasional Pallet. Di Eropa misalnya, pallet di standarkan dalam ukuran 1200 x 1000 mm.

Sedangkan untuk Asia, standar ukuran pallet adalah 1100 x 1100 mm Ukuran asia dan eropa ini menjadi ukuran yang lazim digunakan juga di Indonesia. Lebih jauh bisa lihat di jenis jenis pallet.


About Author

Pallet Plastik

Palletplastik.net adalah distributor pallet plastik yang jual pallet plastik baru dan pallet plastik bekas herga terjangkau. Kami melayani penjualan dan pengiriman pallet ke luar kota

Leave a Reply

Tipe-tipe pallet plastik

DAFTAR PALLET PLASTIK BEKAS

daftar pallet bekas

PROMO MINGGU INI

promo pallet plastik bekas

Video Review Pallet Wajik




error: Content is protected !!