Mengenal Paletisasi: Apa Itu Paletisasi?

Mengenal Paletisasi: Apa Itu Paletisasi?

Paletisasi atau palletisasi berasal dari kata pallet. Pallet ini merupakan alas atau tatakan yang biasanya digunakan dalam proses pengiriman barang atau ekspor barang. Pallet ini bisa kita jumpai di pabrik, maupun supermarket besar. Palletisasi adalah penyusunan atau pengaturan barang dalam pallet sehingga mudah diangkat, dipindahkan dalam suatu proses pengangkutan barang.

paletisasi, palletisasi

Tahapan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan pengiriman barang dan pengemasan barang ekspor, dimana suatu pallet dapat terbuat dari kayu, kertas, plastik maupun metal.

Dalam paletisasi, penanganan barang-barang baik itu berupa bahan baku maupun barang jadi dipakai suatu alat yang disebut palet atau pallet. Dengan alat ini barang-barang dapat dipindahkan secara cepat. Penggunaannya akan lebih ekonomis apabila material yang ditangani jumlahnya besar.

Paletisasi merupakan satu metode handling, transportasi dan penyimpanan produk dengan menggunakan pallet untuk meningkatkan efisiensi distribusi. Pallet plastik merupakan satu jenis pallet mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan palet kayu atau jenis lain dan sudah berkembang pesat di negara maju, namun baru mulai dikembangkan di Indonesia karena beberapa alasan.

Pilihan material pallet diambil berdasarkan berat muatan barang, iklim lingkungan, persyaratan, ketahanan, ketersediaan barang yang ada di daerah sekitar kita, biaya dan akseptabilitas di negara tujuan. Pemuatan pallet yang tepat sangat penting sekali demi pengiriman barang secara aman.

Beberapa pelabuhan tujuan memberikan persyaratan yang berbeda terhadap material palet maupun berat dan volume pallet. Hal ini berkaitan dengan sarana dan lokasi di pelabuhan masing-masing.

Paletisasi akan lebih efisien bila digunakan bersama, inter atau intra industri, ukuran sesuai alat angkut dan alat simpan umum, serta mempunyai kekuatan yang cukup untuk semua jenis cargo. Untuk itu palet plastik sebaiknya dibuat dari material murni, bukan daur ulang, ukuran disesuaikan dengan kebutuhan, ringan tapi kuat, struktur desain stabil dan halus.

Secara tradisional, paletisasi dilakukan secara manual, yaitu menggunakan tenaga buruh. Namun, teknologi sudah semakin berkembang dan sekarang tidak jarang Anda menemukan paletisasi dengan sistem otomasi atau dengan kata lain, menggunakan mesin.Pentingnya melakukan paletisasi untuk menjamin keamanan dan kestabilan pallet.

Agar proses palletisasi ini berjalan lancar, maka dibutuhkan pallet yang memiliki kekuatan yang stabil yaitu pallet yang terbuat dari plastik. Karena pallet plastik ini dibuat dengan cara di cetak maka, struktur bodi pallet merata dan seimbang, sehingga saat digunakan sebagai alas dalam proses pengangkutan dan pengiriman menjadi lebih stabil.

Incoming search terms:

  • pengertian paletizasi

Tipe-tipe pallet plastik

error: Content is protected !!