Gudang Anda Sempit? Begini Cara Menata Barangnya

Gudang Anda Sempit? Begini Cara Menata Barangnya

Palletplastik.net – Gudang Anda Sempit? Begini Cara Menata Barangnya. Bagi para pemilik pabrik, industri gudang merupakan tempat yang wajib ada, karena gudang memiliki peranan yang sangat penting. Persoalan yang kadang timbul adalah bila gudang terlalu kecil atau ruang penempatan di gudang menjadi sempit karena volume barang yang harus ditempatkan semakin bertambah. Lalu bagaimana cara menata barang di gudang yang sempit?

pallet plastik, cara menata

Dalam industri perdagangan, terutama untuk perusahaan yang masih berbentuk distributor atau trading, maka gudang sangat dibutuhkan terutama untuk menampung stok barang yang akan di jual kepada konsumen.

Begitu pun kalau perusahaan tersebut sudah berbentuk manufactur, ketika barang berbentuk bahan baku datang perlu dibutuhkan gudang sebagai tempat untuk menyimpan sebelum akhirnya digunaka dalam proses produksi.

Ketika barang selesai di produksi pun, gudang juga dibutuhkan, karena belum tentu barang yang sudah keluar dari proses produksi langsung dikirim ke customer. Jadi baik untuk perusahaan trading maupun manufacktur gudang merupakan tempat yang sangat dibutuhkan.

Agar proses penataan baik dan proses ke luar masuk barang semakin efektif dibutuhkan sistem penataan barang di gudang. Barang yang disimpan harus memiliki alamat penempatan dan identitas penempatan yang jelas sehingga setiap orang dapat mencari barang yang dibutuhkan dengan tepat dan cepat.

Masalah mulai muncul ketika gudang yang di gunakan untuk menata barang ternyata sempit atau barang yang akan ditempatkan di digudang semakin banyak. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips cara menata barang di gudang yang sempit:

1.Pisahkan antara barang yang rusak atau tidak terpakai dengan yang masih bagus.
Barang yang sudah tidak terpakai, atau rusak sebaiknya dikeluarkan dari gudang karena hanya memenuhi gudang.

2. Membagi barang menjadi 2 berdasarkan kecepatan pergerakan barang, yaitu: barang fast moving dan barang slow moving.
Barang yang fast moving ditempatkan di lokasi yang tak jauh dari pintu keluar dan masuk barang, sedangkan barang yang slow moving ditempatkan dilokasi yang jauh dari pintu keluar.

3.Memilah barang berdasarkan ukuran barang
Pemilahan ini dilakukan untuk meningkatkan volume penempatan barang dilokasi penempatan dan memudahkan pelaksanaan penataan barang.

4.Mengoptimalkan Penataan Barang Menggunakan Rak dan Pallet Plastik
Penataan barang dengan menggunakan rak gudang dan diberi tatakan pallet plastik bisa mengoptimalkan untuk penempatan barang. Dengan sistem penataan barang secara vertikal atau racking, gudang akan lebih maksimal dalam menampung barang.

5.Gunakan Pallet Plastik kecil untuk menata di ruang sempit
Di ruang gudang sempit Anda bisa mengoptimalkan penataan barang dengan Pallet plastik ukuran 74 x 74 x 13 cm. Baca pallet plastik harag 100.000. Pallet plastik ini lebih kecil daripada pallet plastik ukuran standar. Dengan pallet ini ruang-ruang yang sempit bisa dimanfaatkan.

Semoga artikel yang berjudul Gudang Anda Sempit? Begini Cara Menata Barangnya, bisa memberi referensi tambahan dalam menata barang di gudang yang sempit. Semoga bermanfaat. Yang butuh pallet harga murah bisa lihat di pallet plastik bekas.

Incoming search terms:

  • Cara Simpan Barang dirumah sempit

Tipe-tipe pallet plastik

error: Content is protected !!
WhatsApp chat